Menganalisis Gerak Pertumbuhan pada Kartu Menuju Sehat (KMS)


Tujuan : Mengetahui peran Kartu Menuju Sehan (KMS) dalam pertumbuhan manusia.

 

Rumusan Masalah :

  • Apa saja yang dicatat dalam KMS?
  • Apakah KMS berguna bagi orang tua balita?
  • Apa perbedaan antara KMS baru dengan KMS lama?

Hasil pengamatan dan referensi :

  • Kartu Menuju Sehat (KMS) Bagi Balita merupakan kartu yang memuat kurva pertumbuhan normal anak berdasarkan indeks antropometri berat badan menurut umur yang dibedakan berdasarkan jenis kelamin. KMS untuk anak laki-laki berwarna dasar biru dan terdapat tulisan Untuk Laki-Laki. KMS anak perempuan berwarna dasar merah muda dan terdapat tulisan Untuk Perempuan.
  • KMS digunakan untuk mencatat berat badan, memantau pertumbuhan balita setiap bulan dan sebagai media penyuluhan gizi dan kesehatan.
  • Fungsi utama KMS ada 3, yaitu;
  1. Sebagai alat untuk memantau pertumbuhan anak. Pada KMS dicantumkan grafik pertumbuhan normal anak, yang dapat digunakan untuk menentukan apakah seorang anak tumbuh normal, atau mengalami gangguan pertumbuhan. Bila grafik berat badan anak mengikuti grafik pertumbuhan pada KMS, artinya anak tumbuh normal, kecil risiko anak untuk mengalami gangguan pertumbuhan. Sebaliknya bila grafik berat badan tidak sesuai dengan grafik pertumbuhan, anak kemungkinan berisiko mengalami gangguan pertumbuhan.
  2. Sebagai catatan pelayanan kesehatan anak. Di dalam KMS dicatat riwayat pelayanan kesehatan dasar anak terutama berat badan anak, pemberian kapsul vitamin A, pemberian ASI pada bayi 0-6 bulan dan imunisasi.
  3. Sebagai alat edukasi. Di dalam KMS dicantumkan pesan-pesan dasar perawatan anak seperti pemberian makanan anak, perawatan anak bila menderita diare.
  • Kartu Menuju Sehat (KMS), sudah digunakan di Indonesia sejak tahun 1970-an, sebagai alat untuk memantau pertumbuhan anak di bawah umur 5 (lima) tahun (Balita). Pada tahun 2010, Kementerian Kesehatan telah menerbitkan sebuah Peraturan Menteri (PERMENKES) nomor : 155/Menkes/Per/I/2010, tentang Penggunaan Kartu Menuju Sehat (KMS) bagi Balita.
  • Perbedaan mendasar KMS baru dengan lama ialah, KMS baru dibedakan antara laki-laki dan perempuan, sedangkan KMS lama tidak dibedakan, bisa digunakan untuk semua jenis kelamin anak.
  • Kegunaan KMS
    Bagi Orang Tua Balita

Jika orang tua rutin setiap bulan melakukan penimbangan di Posyandu atau di sarana kesehatan lainnya, maka mereka dapat mengetahui status pertumbuhan anaknya dan dapat melakukan antisipasi pencegahan jika kurva pertumbuhan sudah mulai menunjukkan penurunan. Disamping itu, orang tua juga bisa mengetahui kapan seharusnya anak mendapatkan imunisasi atau pemberian Kapsul Vitamin A selanjutnya.

  1. Bagi Kader Posyandu

KMS digunakan oleh kader sebagai media untuk penyuluhan kepada ibu-ibu balita, serta indikator untuk merujuk si anak jika kurva pertumbuhan berada di bawah garis merah (BGM) untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

  1. Bagi Petugas Kesehatan

KMS menjadi media yang efektif dan cepat bagi petugas kesehatan untuk mengetahui pelayanan kesehatan apa saja yang sudah di dapatkan oleh si anak, khususnya pemberian imunisasi adan kapsul Vitamin A. KMS juga bisa digunakan oleh petugas kesehatn untuk melakukan edukasi ke ibu tentang pemberian makanan bergizi untuk meningkatkan satus gizi anak.

 

Pertanyaan :

  1. Apa yang dimaksud KMS?
  • kartu yang memuat kurva pertumbuhan normal anak berdasarkan indeks antropometri berat badan menurut umur yang dibedakan berdasarkan jenis kelamin
  1. Apa fungsi KMS?
  • Sebagai alat untuk memantau pertumbuhan anak, sebagai catatan pelayanan kesehatan anak, sebagai alat edukasi
  1. Bagaimana cara mengetahui pertumbuhan dan perkembangan menggunakan KMS?
  • Dengan menimbang berat badan balita setiap bulan
  1. Jelaskan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami oleh balita pemilik KMS yang dijelaskan
  • Balita pemilik KMS ini mengalami pertumbuhan yang signifikan. Tiap bulan grafik berat badan mengikuti garis pertumbuhan, dimana kenaikan BB sama dengan KBM (Kenaikan BB Minimal)
  1. Bagaimana konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia berdasarkan KMS yang dibaca?
  • Manusia adalah makhluk hidup yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Indicator dari pertumbuhan itu sendiri lebih sering ditunjukkan oleh kenaikan berat badan serta tinggi badan. Sementara untuk perkembangan, ditunjukkan oleh proses kedewasaan yang sering terlihat dari keahlian/kemampuan melakukan sesuatu

 

Kesimpulan : dari observasi yang kami lakukan, didapat kesimpulan bahwa KMS (Kartu Menuju Sehat) adalah salah satu alat informasi penting bagi orang tua untuk melihat fase pertumbuhan dan perkembangan pada balita mereka. Kartu ini lebih menekankan pada penilaian grafik kenaikan berat badan karena pertambahan volume merupakan salah satu indicator yang paling sering disorot dalam pertumbuhan. Untuk saat ini, KMS telah dibedakan untuk laki-laki dan perempuan. Sehingga dapat terlihat peningkatan/penurunan dalam proses tumbuh kembang balita.

 

Daftar Pustaka

Omegawati, W.H. 2015. Biologi Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam SMA/MA Kelas XII. Klaten: Intan Pariwara.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s