[Belajar Bahasa] Ciptakan Tokoh Cerita, Beri “Nyawa” Tulisanmu!


Hai semuanya. Admin datang lagi dengan rubrik [Belajar Bahasa]. Ini rubrik baru yang dibuka bulan ini. Yah, buat memotivasi teman-teman sekalian yang suka menulis. Rubrik ini bukan hanya sekadar membahas soal bahasa, tapi juga tips dan trik jitu dalam menulis.

Nah sekarang, admin cuma mau ngeshare postingan milik Ibu Aliya Nurlela. Postingan ini sudah diterbitkan di website resmi FAM Indonesia. Admin cuma ngeshare bukan copy paste.

Tanpa perlu banyak kata lagi, yuk simak tips menulis dari Ibu Aliya Nurlela

Enak ya jadi penulis. Kamu bebas menciptakan bermacam tokoh dalam tulisanmu. Tokoh yang kamu ciptakan, ya suka-suka kamu. Toh itu karyamu, kreatifitasmu, dan hak penuh ada di tanganmu.

Ternyata, bukan artis sinetron saja  yang bisa memerankan banyak adegan. Kamu pun sebagai penulis bisa. Wah, keren bukan? Kamu dapat mencomot sosok dan karakter tokoh seperti apa yang kamu mau. Ada banyak sosok dan karakter makhluk di dunia ini yang bisa menjadi sumber inspirasimu.

Dalam tulisanmu kamu bisa menjelma jadi tokoh “aku” yang seorang kakek, seorang diffabel, penjahat, koruptor, ustaz, guru, dan lainnya, termasuk tokoh aku yang bertentangan dengan gendermu. Kamu laki-laki, tapi dalam tulisanmu menjelma jadi tokoh “aku” yang perempuan.

Sah-sah saja menciptakan tokoh apa pun. Kamu bisa melebarkan sayap imajinasimu ke segala arah agar tulisan yang kamu sajikan tidak membosankan. Entah itu berupa tokoh manusia, hewan, atau barang-barang yang ada di sekitarmu.

“Tapi, saya kesulitan menentukan tokoh apalagi karakternya,” keluhmu lagi. selengkapnya…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s